Indonesian Premier League, PSSI

PSSI Akan Menggunakan Wasit Internasional Berlicensi FIFA di Indonesian Premier League (IPL)

Badan tertinggi sepakbola Indonesia PSSI mengakui bahwa kualitas wasit lokal masih kurang memuaskan dalam memimpin pertandingan di Indonesia. PSSI mewacanakan akan menggunakan jasa para wasit international untuk beberapa pertandingan tertentu di Indonesian Premier League (IPL), wasit-wasit tersebut akan didatangkan dari Eropa dan negara-negara lain diluar itu. Memang jika dilihat dengan jeli, kemampuan wasit lokal kadang tidak selalu stabil, bahkan beberapa diantaranya terlihat sangat ragu dalam memutuskan sesuatu hal pada saat pertandingan, apalagi pertandingan itu adalah pertandingan yang sangat penting dan syarat emosi. Dengan adanya wacana ini sekiranya dapat memberikan angin segar dan kemantapan yang lebih untuk membangun sepakbola Indonesia yang lebih bermartabat lagi.

Kita semua tahu bahwa Indonesia telah lama memiliki liga sepakbola, namun semuanya tidak dilandasi dengan sikap fairplay dan wasit acap kali menjadi korban luapan emosi para pemain dan penonton, hal itu terjadi karena dua hal:

Pertama, pada masa itu wasit banyak dikenal dengan reputasinya sebagai pelaku skandal kasus suap pengaturan skor karena memang wasit dibayar oleh tuan rumah suatu pertandingan, sehingga beban untuk memenangkan tuan rumah menjadi besar. Kedua, wasit memang tidak memiliki kecakapan dan ilmu yang mumpuni untuk memimpin suatu pertandingan yang rumit, pada saat pertandingan berlangsung rumit, dibutuhkan wasit yang memiliki cara berpikir cepat dan benar dalam mengambil keputusan, jika tidak, maka yang terjadi adalah kemarahan para pemain dan timbul kerusuhan antar supporter. Masa-masa itu adalah masa kegelapan bagi persepakbolaan Indonesia, namun kini kita memiliki harapan baru dalam Indonesian Premier League dimana para wasit dan official akan mengikuti sistem yang tidak memungkinkan mereka melakukan tindakan kecurangan, dan wacana untuk memnggunakan wasit internasional adalah wacana yang sangat brilian untuk meningkatkan kemantapan sepakbola Indonesia.

“Kami harap bisa menggunakan wasit asing (Eropa) dalam partai penting dengan tensi tinggi seperti Persebaya lawan Arema,” ujar Deputi Sekjen Bidang Kompetisi PSSI, Saleh Mukadar.

“Kita harap bisa secepatnya. Maret, setelah rapat Exco 2 Februari,” tambahnya. “Kita akan menggunakan wasit dari Eropa, seperti dari Portugal, karena dari Asia masih kurang, kecuali Jepang dan Australia.”

Saleh mengatakan bahwa ide itu datang dari seluruh klub dalam rapat CEO 13 Oktober 2011, selain itu masyarakat juga kelihatannya masih kurang percaya dengan kemampuan wasit lokal. Dalam menjalankan liga sepakbola yang fair, memang dibutuhakan wasit yang berlicensi FIFA, untuk itu PSSI akan mengusahakan hal itu dengan segera.

“Kita akan ambil langkah ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Kita tidak menampik, wasit dari FIFA minim. Kalau untuk biaya lebih murah memang dari wasit lokal. Sesuai dengan pengalaman di LPI (Liga Primer Indonesia) pada waktu itu,” tuntas dia.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sponsor


ACCBOLA.COM

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Share via Twitter

Blog Stats

  • 9,905 hits
free counters
%d bloggers like this: