PSSI

Adik Nurdin Halid Jadi Penyelamat Sepak Bola Indonesia? Oh tidak!!

Organisasi yang menamakan diri sebagai Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) itu menunjuk adik Nurdin Halid yaitu Kadir Halid untuk menjadi anggota Komite Pemilihan dalam KLB PSSI versi KPSI. Sekjen KPSI Hinca Panjaitan membacakan putusan tersebut dalam pra-Kongres KPSI akhir pekan lalu, dan hal ini tentu saja menimbulkan tanda tanya besar diantara kalangan insan sepakbola baik yang ikut dalam Pra-Kongres KPSI maupun yang hanya menyimak lewat media-media di Indonesia.

Keanehan ini adalah indikasi bahwa memang KPSI masih mengedepankan kepemilikan pribadi atas Liga Indonesia dan tidak memperdulikan kebaikan sepakbola Indonesia kedepan, mereka hanya akan menegakkan kembali rezim sepakbola masa lalu yang kita semua tahu bahwa persebakbolaan pada waktu itu menganut sistem yang kotor dan sama sekali tidak mengindahkan sikap fair play seperti yang didengung-dengungkan oleh badan tertinggi sepabola FIFA.

Menurutnya pengamat sepakbola Rayana Djakasurya, komposisi KPSI yang dihuni oleh sejumlah eks pengurus PSSI Nurdin ditambah masuknya Kadir Halid, menguak usaha sejumlah kalangan untuk kembali mencengkram sepak bola nasional.  “KPSI ini sebenarnya dagelan. Mengaku mau menyelamatkan sepak bola padahal semua juga tahu siapa itu mereka. Ada pula adiknya Nurdin Halid di sana (KPSI),” ujar Rayana saat dihubungi media Republika.

Dia mengaku pernyataan KPSI yang mengaku diri sebagai penyelamat sepak bola, adalah lelucon besar. Menurutnya, sepak bola Indonesia tidak bisa diselamatkan oleh orang-orang yang telah terbukti menghancurkan sepak bola itu sendiri. ”Hanya masyarakat, wartawan, dan FIFA yang mampu menyelamatkan nasib sepak bola. Bukan justru orang yang berpolitik organisasi,” tegas pria yang lama bermukim di Italia tersebut.

Rayana merujuk bagaimana tim nasional Irak yang tidak memiliki federasi sepakbola karena negaranya dilanda perang. Saat itu, FIFA lah yang tampil sebagai penyelamat dengan memberikan kemudahan sehingga Irak pun bisa berprestasi di Olimipade 2004 dan Piala Asia 2007. “FIFA itu mengamati tiap anggotanya. Merekalah yang menyelamatkan anggotanya tanpa kepentingan sedikitpun. Bukannya KPSI yang terdiri dari orang-orang rezim masa lalu,”

Rayana pun mengaku heran dengan langkah KPSI yang coba memutarbalik isi surat FIFA. FIFA, kata dia, tidak bodoh dan bisa dimanipulasi oleh pernyataan KPSI ataupun PSSI. “Dan hasilnya FIFA dalam suratnya sama sekali tidak menyebut KPSI dan justru meminta PSSI untuk menggelar kongres tahunan bukan KLB,”

Dalam kesempatan itu, dia juga mempertanyakan mengapa KPSI begitu ngotot dalam mengusung masuknya rezim Nurdin ke kegiatan sepak bola nasional. Hal itu, kata dia, harus ditelusuri motifnya. Jika perlu diadakan audit keuangan besar-besaran untuk mengetahui ada tidaknya praktik haram yang pernah dilakukan oleh rezim PSSI masa lalu.

Dia pun mengajak masyarakat berpikir logis. Apakah mau percaya dengan KPSI dengan anggotanya seperti Toni Aprilani, Hinca Panjaitan, serta Kadir Halid cs. Atau lebih memegang KONI, dan sejumlah intelektual macam Anis Baswedan, Komaruddin Hidayat, dan Todung Mulya Lubis. “Silahkan saja masyarakat yang menilai secara logis.

Diolah dari sumber: Republika

Discussion

2 thoughts on “Adik Nurdin Halid Jadi Penyelamat Sepak Bola Indonesia? Oh tidak!!

  1. Sdh jelas kita akan mendukung kepemimpinan pak Djohar, krn kita sdh dilema dgn kepemimpinan NH … jgn smp rezim NH bangkit kembali, krn kelihatannya mereka membangun kekuatan baru rezim itu lewat KPSI.

    Posted by satrio | January 25, 2012, 1:03 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sponsor


ACCBOLA.COM

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Share via Twitter

Blog Stats

  • 9,905 hits
free counters
%d bloggers like this: